-->

4 Manfaat Buah Ciplukan Yang Jarang Orang Tahu

 4 Manfaat Buah Ciplukan Yang Jarang Orang Tahu


buah ciplukan
Buah Ciplukan


Meski dikenal sebagai tanaman liar yang sering tumbuh di pekarangan rumah atau ladang, ternyata buah kecil ini memiliki segudang manfaat. Buahnya boleh kecil namun khasiatnya sangat bagus untuk tubuh. 


Mulai dari mengatasi flu hingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Simak manfaat lainnya disini.


Buah Ciplukan merupakan tanaman liar yang tumbuh saat musim hujan. Buah yang berwarna kuning keemasan saat matang dan terbungkus kulit tipis dengan rasa yang kecut dan manis.


Buah yang memiliki nama latin physalis angulata L. disetiap daerah ciplukan sendiri memiliki nama yang berbeda-beda setiap daerahnya. Kalau di Sunda di sebut cecendet, sedangkan Di Bali buah ini disebut keceplokan dan di Minahasa disebut leletokan.


Kandungan Buah Ciplukan


Pohon ciplukan banyak tumbuh di kebun, tepi jalan, semak, dan hutan. Orang jaman dulu sering mencari buah ciplukan sebagai obat. Namun seiring berjalannya waktu buah ini mulai ditinggalkan. 


Padahal khasiatnya yang begitu banyak dan 'gratis' kenapa malah ditinggalkan, yang paling bagusnya lagi buah ciplukan tidak memiliki efek samping.


Berikut adala kandungan senyawa dari buah ciplukan:


  • Chlorogenic acid
  • Polifenol
  • Asam sitrat
  • Fisalin
  • Asam malat
  • Asam oleat dan linoleat
  • Alkaloid
  • Tannin
  • Karotenoid
  • Vitamin A, C, D dan K
  • Gula
  • Elaidic acid
  • Antikosidan
  • Antiinflamasi


Selain bisa dikonsumsi langsung, buah ciplukan juga dapat dihaluskan dan dijadikan obat luar untuk menyembuhkan berbagai penyakit kulit. Lantas apa saja manfaatnya? Langsung saja simak ulasannya berikut ini.


1. Menyembuhkan Flu dan Batuk


Dalam Journal of Food Science Technology, Dr. Gökçen Yıldız mengatakan kalau manfaat paling penting dari buah ciplukan berasal dari kandungan antioksidannya yang tinggi.


Jika Anda atau keluarga Anda sedang flu dan batuk cobalah konsumsi buah ciplukan secara langsung atau bisa merebus daunnya lalu diminum 3 kali sehari. Lakukan secara rutin sampai flu dan batuk mereda.


Selain itu bisa digunakan untuk mengatasi beberapa penyakit lain seperti bronkitis dan gondongan.



Baca Juga : Manfaat Makan Pisang Kepok Rebus

                     Manfaat Minum Teh Serai Di pagi Hari

                     Macam-Macam Makanan Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh



2. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh


Vitamin C atau asam karbonat yang ada dalam buah ciplukan dapat merangsang proses produksi sel darah putih.


Vitamin C juga menjadi komponen utama pembentuk kolagen yang dapat membantu memperbaiki dan memproduksi sel, jaringan dan pembuluh darah.


Kandungan ciplukan yang bersifat antioksidan juga sangat baik untuk memelihara sistem kekebalan tubuh.


3. Untuk Kencing Manis (Diabetes)


Buah ciplukan mengandung serat larut yang terbukti bermanfaat bagi pasien diabetes. Tidak hanya diabetes, karena adanya phyto-chemical seperti polifenol dan karoten, cape gooseberry juga dapat mengatur tingkat tekanan darah tinggi. Polifenol dan karoten dapat menjaga kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kesehatan jantung.


Cara membuat resep ciplukan Anda bisa mengambil semua bagian ciplukan lalu dikeringkan. Setelah semuanya kering Anda bisa merebusnya dengan 2 gelas air, diamkan sampai tersisa kira-kira 1 gelas.


Kemudian angkat dan diamkan sampai air mendingin. Setelah itu air rebusan disaring, dan minum pada pagi hari. Ampasnya bisa direbus sekali lagi untuk diminum sore hari.


4. Untuk Sakit Epilepsi Atau Ayan


Untuk mengatasi penyakit epilepsi, buah ciplukan bisa dikonsumsi langsung sebanyak 8-10 butir setiap harinya. Buah ciplukan yang matang rasanya tentu lebih manis dibandingkan yang masih hijau.


Itulah beberapa manfaat buah ciplukan yang mudah ditemukan di pekarangan rumah Anda atau Anda bisa membudidayakan buah ciplukan sebagai obat herbal.

LihatTutupKomentar