-->

7 Manfaat Essential Oil Sesuai Dengan Kandungannya

7 Manfaat Essential Oil (Minyak Atsiri) Berdasarkan Kandungannya


essential oil, minyak atsiri, manfaat minyak atsiri, manfaat essetial oil,
Manfaat Essential Oil



Essential oil tidak melulu tentang minyak yang memiliki aroma wangi yang digunakan untuk pengobatan alternatif. Aroma wangi ini bisa membuat tubuh menjadi lebih rileks. 


Tidak hanya itu saja, melainkan beragam manfaat kesehatan lainnya bisa kita dapatkan dari essential oil. Apa saja manfaat essential oil bagi kesehatan? Simak pejelasannya disini.


Macam-Macam Essential Oil dan Fungsinya


1. Atasi Stress -  Lavender, Jasmine


Stress bisa terjadi pada siapa saja, terutama dikalangan remaja dan orang dewasa. Memikirkan banyak hal yang membuat dirinya menjadi stress. Disaat kamu stress cobalah untuk menggunakan Lavender Oil atau Jasmine Oil.


Kemampuan minyak esensial untuk mempengaruhi psikologis seseorang memang tidak diragukan lagi. Khususnya untuk mengurangi stres dan gangguan kecemasan atau anxiety disorder.


Minyak essensial bunga lavender merupakan minyak aroma terapi yang paling populer. Menurut penelitian, aroma terapi lavender mampu menenangkan kecemasan dengan memengaruhi sistem limbik, bagian otak yang mengendalikan emosi.


Sedangkan menghirup minyak melati bisa meningkatkan rasa rileks. Tidak seperti beberapa minyak esensial lain yang bisa membuat ngantuk, minyak melati mampu menenangkan sistem saraf tanpa menyebabkan kantuk.


Untuk cara menggunakannya kamu bisa mencampurkan beberapa tetes minyak lavender dengan satu sendok teh gel mandi tanpa wewangian. Aduk campuran tersebut ke dalam air mandi hangat.


Selain itu kamu bisa mengirup minyak melati langsung dari botol atau biakan aroma jasmine memenuhi ruangan melalui diffuser.



Baca Juga : Macam-Macam Essential Oil Untuk Luka Bakar

                     Manfaat Teh Serai Jika Dikonsumsi Secara Rutin

                     Manfaat Minum Secangkir Teh Hangat Di Pagi Hari




2. Insomnia - Lavender


Menghirup aroma wangi dari minyak lavender ternyata bisa membuat badan lebih rileks dan tidur lebih lelap.


Minyak lavender bahkan telah terbukti meningkatkan kualitas tidur wanita, serta pasien penyakit jantung.


Sebagian besar penelitian menunjukkan bahwa mencium aroma minyak, kebanyakan minyak lavender, memiliki efek positif pada kebiasaan tidur.



Baca Juga : Perbedaan BB Cream dan CC Cream Serta Cara Menggunakannya

                    5 Kandungan Skincare Untuk Mencegah Penuaan Dini

                    Cara Ampuh Mengurangi Bau Badan, 98% Berhasil



3. Lancarkan Pencernaan - Peppermint


Minyak esensial juga memiliki kemampuan untuk mengobati masalah pencernaan seperti diare, mual atau kram perut. 


Kamu bisa mengoleskan minyak peppermint di area perut. Peppermint bisa menenangkan otot pencernaan dan membantu mengeluarkan gas sakit perut. 


Selain peppermint, minyak esensial kapulaga membantu mengatur pencernaan, Seperti halnya temulawak. Ini sifat antispasmodik dan anti-inflamasi meredakan keram, itulah sebabnya ia telah lama digunakan untuk menenangkan sakit pada perut. 


4. Atasi Infeksi Kulit - Tea Tree


Tea Tree lebih dikenal di dunia skincare untuk saat ini karena bisa meredakan jerawat yang sedang meradang. Tidak hanya jerawat jika kamu memiliki masalah kulit seperti iritasi kulit kamu bisa menggunakan essential oil untuk mengatasi masalah tersebut.


Kandungan pada minyak esensial tea tree yaitu bersifat antibakteri, antijamur dan antiseptik.


5. Meredakan Flu - Kayu Putih


Minyak kayu putih sudah ada sejak lama yang ampuh untuk meredakan flu dan pilek. Minyak kayu putih memiliki sensasi yang menghangatkan jika dioleskan pada tubuh.


Jika kamu sedang flu, kamu bisa menggunakan minyak esensial kayu putih (eukaliptus) secara rutin.


Kandungan esensial kayu putih merupakan antibakteri yang bisa membuat otot-otot hidung menjadi rileks. Campurkan beberapa tetes minyak esensial eukaliptus ke dalam air hangat agar bisa dijadikan aromaterapi.


Tidak hanya flu, minyak kayu putih juga memiliki fungsi untuk meredakan perut kembung, mual, gatal, dan gigitan serangga.



Baca Juga: 3 Lipstik Wardah Terbaik 2020, Temukan Warna Favoritmu

                    Cara Mengatasi Lipstik Yang Patah, Nggak Perlu Sedih Lagi

                    Cara Mengatasi Rambut Rontok Dengan Bahan Alami




6. Mengurangi Jerawat - Frankincense, Lemongrass


Jika kamu punya masalah dengan jerawat, tidak harus melulu menggunakan skincare untuk mengobatinya. Cobalah gunakan minyak atsiri dengan kandungan frankincense atau lemongrass (Sereh) yang ampuh untuk mengurangi jerawat.


Frankincense bisa memberikan efek tenang pada kulit wajah yang iritasi karena jerawat dan melembapkan. Sementara lemongrass bersifat antikuman dan membantu memulihkan jerawat.


7. Diet - Grapefruit


Mungkin belum banyak yang tahu bahwa essential oil dengan kandungan grapefruit atau jeruk Bali mampu membantu kamu yang ingin menjalani program diet.


Karena kandungan di dalamnya terbukti mampu menenangkan saraf lambung pemicu rasa lapar, sehingga kamu merasa kenyang lebih lama.

LihatTutupKomentar