-->

Langkah Awal Membangun Bisnis Bakery

Tips Membangun Bisnis Bakery


bisnis bakery bisnis bakery dan pastry usaha bakery langkah awal bisnis bakery tips membuka usaha bakery cara membuka usaha bakery bisnis roti
cara membuka usaha bakery



Ide Bisnis - Memiliki sebuah bisnis yang sesuai dengan bidang kita sangatlah menyenangkan, kata orang "bekerjalah sesuai dengan hobimu." Pernyataan tersebut bisa dibilang ada benarnya juga, karena pekerjaan yang menyenangkan adalah hobi yang di bayar.


Suka makan tapi juga suka masak, kenapa tidak di jadikan bisnis saja. Sekarang banyak sekali usaha yang berawal dari hobi, salah satunya bisnis bakery. Banyak cara untuk mendapatkan informasi seputar bisnis, mulai dari internet, buku, konsultasi dengan pakar, atau mengikuti seminar.


Semua informasi yang telah di dapatkan tentang cara dan strategi yang bisa kita aplikasikan saat memulai sebuah bisnis. Namun informasi umum terkadang tidak cukup menjadi bekal untuk membangun sebuah bisnis baru, termasuk bisnis bakery dan pastry. Itulah  mengapa terkadang kita harus dituntut untuk menjadi lebih kreatif dalam menyusun strategi bisnis, apalagi sebuah bisnis yang baru akan dibangun. Cobalah untuk berpikir out of the box!


Baca Juga : Cara Menyelamatkan Adonan Roti Tidak Mengembang

                       Tips Baking Untuk Pemula Anti Gagal

                                


Yuk, kita intip 4 langkah awal yang perlu kamu lakukan saat memulai usaha bakery dan pastry. Tips Membuka usaha bakery:


1. Tidak harus berawal dari sesuatu yang baru, tapi bisa juga dari yang tradisional.


Sebenarnya banyak sekali bakery atau pastry yang ada di Indonesia atau bahkan bisa di sebut jajanan jadul seperti kue balok atau makanan khas dari daerahmu. Jika kamu menyukai salah satu jajan jadul tersebut apa salahnya kamu coba membuatnya dan berinovasi agar kue tersebut terkesan lebih modern dengan rasa yang otentik. Kamu bisa mix and match dengan kue-kue yang lainnya yang sekiranya rasanya cocok. Cobalah dari sekarang dan selalu bereksperimen dan berinovasi, bungkus dengan tampilan menarik dan berikan kepada rekan terdekatmu untuk mencicipinya. Jika ada respon positif, tidak ada salahnya kamu kembangkan resep roti tersebut lebih serius lagi!


2. Mencari Teman Diluar Zona Nyaman


Meminta saran dan masukkan kepada keluarga dan teman merupakan sedikit bekal bagi kamu untuk memulai bisnis bar. Cobalah untuk mencari teman diluar sana. Jika kamu ingin membuka bisnis bakery, mungkin Anda bisa mencari kenalan seorang chef pastry dan jadikanlah dia seorang teman. Ingat, seorang teman bukan rekan! Karena, hubungan sebuah rekanan adalah hubungan ‘friends with benefit’ , berbeda dengan hubungan pertemanan yang didalamnya kita bisa saling berbagi informasi, masalah dan solusi.


3. Selalu Berinovasi


Tidak ada salahnya selalu berinovasi, karena tidak ada usaha bakery yang monoton. Semua selalu berinovasi agar bisnis tetap berkembang dan merambah pasar yang lebih luas lagi. Dengan adanya persaingan para pemilik usaha dituntut untuk selalu berinovasi agar konsumen tidak menghilang. Jika kamu tidak berani berinovasi atas resep dan varian roti serta kue kamu, maka jangan menyesal jika suatu saat pelanggan kamu akan beralih kepada pesaing.


Baca Juga: Selain Memberikan Rasa Asin, Ini Dia Fungsi Garam

                     Tips Memilih Wajan Untuk Memasak

                     Resep Bolu Milo 4 Bahan



4. Manfaatkan Emotional Buying


Emosional merupakan faktor penting dalam setiap pengambilan keputusan. Termasuk dalam berbelanja, faktor emosional seringkali mendominasi rasionalitas. Jika seorang pebisnis handal pandai memanfaatkan hal ini, bukan tidakmungkin bisnis yang baru kamu rintis akan lebih cepat berkembang. Sebagai contoh, promosi "buy 2, get 3" atau bisa juga diskan 50% untuk pembelian produk kedua. Cara tersebut akan menarik minat pelanggan untuk membeli produk lebih banyak. Promosikan juga keuntungan membeli produk kamu, misalnya karena menggunakan bahan-bahan organik sehingga lebih menyehatkan atau karena karena beberapa persen keuntungannya akan disumbangkan ke panti asuhan.


Hal lain yang harus kamu perhatikan saat membangun sebuah bisnis baru adalah jangan cemas dengan omongan orang yang berusaha menjatuhkanmu dan banyaknya pesaing dalam bisnis bakery. Teruslah fokus dengan bisnismu sampai memiliki ciri khas yang bisa menjadi branding di bisnis bakerymu. Oleh karena itu, kamu harus mempersiapkannya dengan baik jika ingin terjun dan bertahan dalam bisnis ini.

LihatTutupKomentar