-->

Cara Merawat Kulit Yang Mengelupas Agar Tidak Semakin Parah

Cara Merawat Kulit Mengelupas


kulit mengelupas, kulit kering, kulit merah, cara merawat kulit agar tetap glowing


Kulit mengelupas itu sebenarnya hal yang wajar karena adanya proses regenerasi sel kulit mati yang disebabkan oleh faktor internal maupun faktor internal, dan bisa terjadi di bagian tubuh manapun. 


Apabila kulit mengelupas sampai menimbulkan rasa tidak nyaman, kemerahan, hingga perih serta tak kunjung berhenti, maka Anda perlu segera memberikan perawatan yang tepat.


Nah, berikut ini ada tips tetang cara merawat kulit yang mengelupas agar tidak memperburuk kondisinya. Ingin tahu apa saja? Keep on scrolling!


1. Hindari Menggosok atau menggaruk kulit


Kulit mengelupas hakikatnya sama dengan adanya jerawat yang muncul di wajah, selalu gemas untuk memencetnya. Karena rasa gatal atau tidak nyaman yang di timbulkan. Anda akan tergoda menggaruknya kan? 


Sebaiknya hal tersebut jangan dilakukan, karena menggosok dan menggaruk area kulit yang mengelupas bisa membuat area mengelupasnya semakin lebar, hingga tidak menutup kemungkinan akan mengalami iritasi. 


Bukannya makin sembuh justru rasa gatal tersebut akan menimbulkan kemerahan di area sekitarnya. Sebaiknya kompres menggunakan air dingin atau mengaplikasikannya pelembab.


Baca Juga : Tips Mengurangi Bau Badan Yang Membandel Dengan Bahan Alami

                      5 Makanan Yang Bisa Melindungi Kulit Dari Bahaya Sinar Matahari

                      Manfaat Teh Serai Untuk Kesehatan



2. Gunakan Pelembab


Lidah buaya tidak hanya memiliki manfaat untuk menyuburkan rambut, melainkan juga bisa sebagai bahan pelembab alami. Gel lidah buaya yang dingin bisa menjadi pertolongan ertama yang bisa dilakukan untuk merawat dan mengatasi kulit mengelupas, khususnya yang diakibatkan oleh sunburn. 


Saat ini banyak lidah buaya yang dijual dalam bentuk kemasan terutama sebagai pelembab, istilah kerennya yaitu aloe vera gel. Aloe vera diketahui mengandung glikoprotein yang mampu mempercepat penyembuhan kulit dari peradangan. Terutama jika Anda menggunakan lidah buaya yang masih segar langsung dari tanamannya. 


Selain aloe vera, Anda juga bisa mengaplikasikan pelembap yang memang dikhususkan untuk merawat kulit terbakar dan mengelupas akibat terbakar paparan sinar matahari. 


3. Gunakan Sunscreen Sebelum Beraktivitas


Menggunakan sunscreen saat keluar rumah itu penting. Terutama bagi  Anda yang memiliki kulit sensitif dan rentan mengalami sunburn, penggunaan sunscreen dengan tepat sebelum beraktivitas adalah hal yang tidak boleh dilewatkan.


Pastikan menggunakan sunscreen dengan takaran yang pas, memilih kandungan yang cukup, serta mengaplikasikan ulang setiap beberapa jam sekali.


Jika sudah terlanjur mengalami sunburn, sebaiknya hindari dulu berada di bawah paparan sinar matahari terlalu lama dan gunakan after sun untuk meredakan iritasi.

 

4. Pilih Produk Yang Tidak Menimbulkan Iritasi


Selain karena terbakar sinar matahari, kulit yang mengelupas salah satunya disebabkan oleh kondisi kulit yang terlalu kering. Sebaiknya gunakan produk perawatan klit wajah dan tubuh yang sesuai dengan jenis kulit serta memlembabkan. 


Beberapa kandungan yang perlu dihindari seperti alkohol, pewangi, salicylic acid, Benzoyl Peroxide hingga SLS yang biasanya terkandung di dalam sabun.


Baca Juga : Cara Memperbaiki Mood Di Pagi Hari 

                      Macam-Macam Makanan Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

                      Bahaya Makanan Yang Sudah Kadaluarsa, Jangan Di Makan!!!


5. Minum Air Putih


Satu hal yang tidak boleh ketinggalan, sepertinya hal cukup sepele tapi ini sangat penting yaitu minum air putih yang cukup. Cara ini merupakan obat dari dalam yang bisa mengatasi kulit mengelupas dan kulit kering. Pastikan asupan cairan yang cukup untuk tubuh. Untuk mencegah kulit menjadi semakin parah akibat keinginan menggaruk, penting untuk memenuhi kebutuhan cairan pada tubuh dengan memperbanyak asupan air dan elektrolit guna mencegah dehidrasi.

LihatTutupKomentar