-->

Macam-Macam Tanaman Hias Indoor dan Outdoor Yang Tidak Perlu Disiram Setiap Hari

Macam-Macam Tanaman Hias Indoor dan Outdoor Yang Tidak Perlu Disiram Setiap Hari


"Tidak semua tanaman hias perlu disiram setiap hari. Justru kalau sering disiram akan membuatnya membusuk, lho."


Artinya, tanaman ini cocok buat kamu yang pemula untuk merawat tanaman hias namun sangat sibuk untuk merawatnya. Selain itu, tanaman hias ini cocok untuk di daerah yang gersang dan jarang hujan. Tanaman apa saja itu? yuk simak penjelasannya disini.


1. Kaktus


tanaman hias, bunga hias, kaktus, cactus



Semua orang sepertinya tahu tanaman kaktus tanpa harus menyebutkan ciri spesifiknya. Tanaman ini terkenal dengan daunnya yang penuh dengan duri halus untuk bertahan hidup.


Kaktus merupakan tanaman 'tahan banting' karena dia bisa hidup di area gersang seperti gurun pasir karena cadangan air di dalam tubhnya sangat banyak. Sehingga, kamu tidak perlu menyiram tanaman hias ini setiap hari.


Sebaiknya letakkan kaktus di tempat yang memiliki sinar matahari yang cukup. Untuk penyiramannya kamu bisa menyiram kaktus ini cukup 2 kali saja dalam seminggu. Siram langsung di tanahnya ya, agar batangnya tidak cepat membusuk.


Fakta lain dari kaktus yaitu ia bisa diletakkan di dalam ruangan yang ber-AC, namun sesekali jemur kaktus agar mendapatkan sinar matahari yang cukup.


2. Begonia


bunga cantik, macam-macam bunga, begonia



Begonia merupakan tanaman yang memiliki daun yang sangat cantik dan unik. Bagaimana tidak, daun ini memiliki perpaduan warna hijau dan merah dan keriting di bagian tepinya. Sedangkan tektur dari daun ini berbulu seperti karpet, bukan tipe tipis dan kering.


Tanaman ini senang dengan sinar matahari pagi dan tidak membutuhkan air yang banyak. Cukup siram tanaman ini 2-3 kali sehari saja. Atau kamu bisa mengecek dulu dengan cara menyentuh tanahnya, kalau terasa kering barulah kamu siram.


Jangan biarkan tanahnya terlalu kering atau becek karena begonia akan kering dan mati. Sebaiknya tanam begonia di pot yang kecil agar bisa tumbuh dengan baik dan enak di lihat. Kamu bisa memberikan pupuk pada begonia cukup 1-2 bulan sekali akan tanamanmu tetap sehat.



Baca Juga: Cara Ampuh Kurangi Bau Badan

                    Manfaat Hangout Sendirian



3. Snake Plant


dorang, tanaman hias, bunga, lidah mertua, snake plant



Tanaman yang memiliki daun sangat keras dan panjang, bentuknya seperti pedang. Ada yang menyebut tanaman ini dengan lidah mertua atau dorang. Tapi arti dari snake plant merupakan lidah ular, yang mana bentuknya seperti lidah ular.


Mirip dengan kaktus, snake plant ini punya cadangan air yang cukup banyak. Kalau disiram setiap hari justru daunnya mudah busuk. Sebaiknya letakkan tanaman lidah mertua di tempat yang memiliki kandungan air sedikit namun cukup dan cukup dengan sinar matahari.


Yang menarik dari tanaman lidah mertua yaitu bisa menyaring udara yang kotor, sehingga sering diletakkan di dalam rumah. 


4. Bougainvillea


bogenvile, tanaman perdu, semak, bunga hias, tanaman hias



Tanaman bougainville atau bogenvil merupakan tanaman hias yang memiliki bunga cantik dan warna-warni. Apalagi kalau sedang bermekaran, pasti kamu akan foto-foto disana sebagai backgroundnya.


Bogenvil memiliki daun dan bunga yang sangat rimbun dan menjuntai cantik. Tanaman hias ini suka dengan matahari dan kehangatan, makanya tak heran jika mudah ditemui di wilayah tropis dan Mediterania.


Sebaiknya jangan letakkan bougainville di dalam ruangan karena akan sulit berbunga serta jangan menyiramnya setiap hari agar tidak mudah membusuk. Jangan lupa untuk memupuk bougenvil ini agar tetap sehat.


Baca Juga : Manfaat Pisang Kepok

                    Bahaya Garam Bagi Tubuh Manusia


5. Rubber Plant


rubber plant, tanaman hias, bunga



Rubber Plant memiliki daun yang lebar dan tebal-tebal dan bisa tumbu tinggi menjulang. Rubber plant merupakan tanaman yang kuat diletakkan di dalam maupun di luar ruangan.


Karena tidak perlu disiram setiap hari, tanaman hias ini tidak akan merepotkanmu kalau ditaruh di dalam ruangan. Kamu cukup menyiramnya 2-3 kali dalam seminggu. 


Namun, tanaman ini kalau di letakkan diluar ruangan bisa tumbuh dengan baik pula dan sangat cantik. Rubber plant memiliki dua varian warna yaitu hijau dan burgundy atau merah maroon. Keduanya sangat cantik, tetapi saya lebih tertarik dengan warna yang burgundy.


Sekarang kamu sudah tahu kan, tanaman apa yang cocok untuk kamu sebagai pemula dan tidak membutuhkan penyiraman setiap hari. 5 tanaman diatas bisa sebagai referensi buat kamu yang nggak mau ribet dalam merawat tanaman. 

LihatTutupKomentar