-->

Tips Agar Gorengan Renyah Tahan Lama

Gorengan Renyah dan Krispi

Gorengan renyah kriuk tepung kriuk tahu kriuk tahu krispi tempe tepung bakwan sayur risol


Menikmati gorengan selagi hangat memang enak, apalagi masih renyah dan kriuk saat dimakan. Ditambah dengan cabe rawit atau cocolan sambal kecap, rasanya makin nampol. Gorengan memang primadona bagi orang Indonesia.


Banyak jenis gorengan yang bisa kita temui seperti risol, lumpia, bakwan sayur, dadar jagung, tempe tepung, tahu kriuk, dan masih banyak lagi. Semua punya penggemar masing-masing.


Membuat gorengan yang renyah memang PR bagi sebagian orang. Soalnya gak tau cara bikin tepung yang krispi dan tahan lama. Paling sekitar 1-2 jam sudah 'nyender' gorengannya, benerkan?


Kalau beli gorengan juga penasaran gimana sih caranya buat gorengan yang renyah tahan lama, mau tanya sama penjualnya juga sungkan. Tapi ada rasa penasaran juga.


Nah, biar hidangan gorenganmu tetap renyah meskipun didiamkan cukup lama, perhatikan beberapa hal saat menggoreng ya. Simak penjelasannya dibawah ini.


1. Minyak


Deep frying merupakan teknik menggoreng dengan minyak yang banyak. Kamu harus menggoreng makanan ke dalam minyak hingga terendam semuanya. Pastikan gorengan matang dalam keaadaan kering.


Pastikan juga untuk mengontrol suhu minyak. Gunakan minyak yang panas untuk menggoreng, tetapi jangan sampai berlebihan karena akan cepat gosong.


2. Panas Api


Untuk menjaga suhu minyak yang stabil, kamu juga harus menjaga panas api. Pastikan jangan membesarkan api atau mengecilkan api karena membuat suhu minyak tidak stabil.


Untuk menggoreng bahan makanan gunakan api sedang ke besar agar hasil gorengan tetap renyah dan tidak banyak minyak yang menempel pada gorengan.


Makan gorengan, tapi banyak minyak yang menempel pasti gak enak kan ya?


Baca Juga : Sate Matang Khas Aceh


3. Baking Soda


Ternyata baking soda tidak hanya untuk mengembangkan adonan melainkan juga membantu merenyahkan gorengan. Perlu diperhatikan, baking soda rentan terhadap panas. Sebelum mencampurkan naking soda ke dalam adonan tambahakan sedikit air dingin terlebih dahulu atau air dengan suhu ruang.


Dan yang paling penting, jangan aduk adonan tepung terlalu lama agar baking soda berfungsi dengan baik.


4. Ketebalan Bahan Makanan


Ini sangat penting, ketebalan bahan makanan perlu di perhatikan. Jangan memasukkan bahan makanan yang tebal dan tipis dalam satu penggorengan, karena tingkat kematangannya akan berbeda. Yang dikhawatirkan nanti bahan makanan yang tipis akan cepat gosong.


Ukuran yang sama akan membuat gorengan kamu matang dan garing secara merata.


5. Adonan Tepung


Gunakan takaran tepung yang tepat. Campuran antara tepung terigu dan tepung beras harus diperhatikan, biasanya saya menggunakan takaran 70:30 agar gorengan bisa tetap renyah.


Pastikan juga adonan tepung pada suhu ruang, tanpa menggunakan baking soda, kamu harus mengusahakan agar suhu adonan agar tetap dingin, bisa juga mencampurnya dengan air dingin.


Jangan sekal-kali menggunakan air hangat atau panas, ya. Karena menggunakan air hangat atau panas untuk mencampur adonan tepung hanya akan membuat gorengan cepat melempem.


Tips selanjutnya, goreng bahan makanan setelah di baluri tepung.


Baca Juga : Lidah Sapi Cabai Hijau


6. Tiriskan Gorengan 


Setelah gorengan berwarna coklat keemasan, langsung angkat gorengan dan segera tiriskan hingga minyak benar-benar tiris.


Kalau gorengan masih banyak minyak kemungkinan gorengan cepat melempem.


Untuk membantu agar lebih cepat kering, kamu bisa menggunakan serok, tisu makan, atau kertas agar minyak yang masih menempel pada gorengan cepat tiris.


Sekarang tidak khawatir lagi kan kalau gorenganmu cepat melempem.


Asalkan cara menggorengnya tetap dijamin gorenganmu renyah tahan lama dan nikmat. Meskipun sudah dingin masih tetap enak lho. Selamat mencoba.

LihatTutupKomentar