-->

Rindu Hujan, Rindu Makanan Di Saat Hujan

Rindu Hujan, Rindu Makanan Di Saat Hujan

hujan kenangan gerimis makanan


Di saat musim hujan tiba, hampir semua orang memiliki kenangan yang manis ataupun buruk. Hujan seolah-olah menjadi saksi bisu dari setiap cerita seseorang, terutama bagi orang yang sedang jatuh cinta atau kehilangan cinta.


Memiliki kenangan yang selalu hangat dan melekat dalam benak kita. Saat hujan turun perlahan, menghirup aroma tanah yang di basahi hujan menjadi penenang untuk sebagian orang. Termasuk saya. 


Kenangan dikala hujan, rindu dengan orang yang kita cintai, rindu dengan suasana, sekaligus makanan yang menemani kita. Rasa dingin yang membuat tubuh menggigil,  membuat tubuh cepat lapar, makanya selalu ada makanan untuk menghangatkan tubuh. 


Dibalik makanan yang akan saya jelaskan disini, pasti diantara kalian memiliki kenangan dibaliknya. Mari kita bernostalgia bersama.


Makanan Di Saat Hujan:


1. Mie Rebus


mie rebus telor ceplok


Tidak pandang kasta, mie rebus adalah andalan bagi orang yang malas untuk beranjak dan keluar rumah untuk membeli makanan. Mencium aroma mie rebus saja bisa membuat orang menjadi lapar mendadak.


Mie rebus menjadi andalan bagi anak kos, sering pula di sebut makanan akhir bulan. Makanan yang populer dan ramah di kantong mahasiswa, siapa saja bisa menikmatinya.


Menikmati semangkuk mie rebus, ditambah telur, sawi, dan potongan rawit menjadi makanan yang sangat nikmat untuk disantap di kala hujan. Dengan menikmati rintik-rintik hujan, kita terbiasa dengan sedikit lamunan yang hinggap dikepala kita.


Baca Juga : Cireng Salju Bumbu Rujak


2. Bakso

bakso hujan kuah bakso


Dingin-dingin paling enak menyantap makanan yang hangat dan berkuah, apalagi kalau bukan bakso. Ditambah dengan sambal yang pedas, semakin enak menikmati semangkuk bakso.


Kalau gak suka pedas ya, paling enak menimmati kuah bakso yang gurih dan hangat. Bisanya sih anak kos sering menambahkan lontong atau nasi. Karena katanya belum makan kalau belum makan nasi. Alasannya sih ya belum kenyang aja, hehe.


3. Soto

soto hujan soto ayam


Rasa soto yang gurih ditambah dengan perasan jeruk nipis dan sambal, membuat rasanya menjadi lebih segar.


Soto sangat mudah kita temui, karena soto merupakan makanan khas Indonesia. Banyak jenis soto yang ada di Nusantara seperti Soto Lamongan, Soto Banjar, Soto Padang, Soto Tangkar, Soto Betawi dan masih banyak lagi.


Untuk varian isinya juga beraneka ragam ada soto ayam, soto babat, soto sapi, dan sebagainya. Rata-rata yang sering kita jumpai yaitu soto ayam.


Dengan kuah kuning yang memiliki racikan bumbu dan kekentalan kuah yang berbeda di setiap daerah menjadi makanan yang sedap ketika hujan turun sambil nonton film kesukaan kalian.


4. Kacang Rebus

kacang rebus jagung rebus


Penjual kacang rebus saat ini mulai langka, hanya beberapa titik yang bisa kita temui karena sudah mulai berkurang peminatnya. 


Biasanya penjual kacang rebus juga menjual jagung rebus, kedelai, dan ubi. Banyak pilihan yang ditawarkan.


Meskipun peminatnya berkurang, tapi penikmat kacang rebus masih ada, saya salah satunya. Menikmati kacang rebus paling enak kumpul bareng teman atau keluarga. Sambil bercerita dan ngobrol-ngrobrol.


Selain menghangatkan suasana, makan kacang rebus ternyata sehat untuk jantung dan bagus untuk kulit karena mengandung vitamin E.


Entah kenapa makan kacang rebus hangat apalagi waktu hujan sangat enak sekali. Padahal hanya kacang yang rebus saja. Mungkin kalian bisa menjelaskannya?


Baca Juga : Sate Matang Khas Aceh


5. Wedang Ronde


ronde wedang ronde angsle wedang jahe


Yang terakhir bukan makanan melainkan minuman yang biasa disebut dengan wedang ronde. Wedang ronde bisa kita temui di malam hari, biasanya penjualnya juga menjual angsle. Minuman ini sama-sama enaknya.


Ronde biasa dicari orang ketika malam hari terlebih saat hujan karena bisa menghangatkan tubuh dan tenggorokan. Panganan tradisional ini berasal dari tepung ketan yang dibentuk bulat warna-warni dan diisi gula merah dan kacang. Lalu disiram dengan kuah jahe manis yang panas dan ditaburi kacang tanah. Sangat melegakan tenggorokan.


Bagi yang tidak suka jahe, kamu bisa membeli angsle. Dalam satu porsi angsle ada ketan, roti tawar, kacang hijau, mutiara, kacang tanah, dan mie tepung beras serta disiram dengan kuah santan.


Angsle ini memiliki aroma pandan yang kuat, dari jauh kita bisa mencium aromanya. Makan semangkung angsle cukup mengenyangkan dan bisa menghangatkan tubuh.


Dari lima makanan diatas yang saya sebuatkan, masih banyak makanan yang bisa dinikmati di saat hujan. Pasti ada cerita dibalik makanan yang kalian santap di kala hujan. Selamat bernostalgia.

LihatTutupKomentar