-->

Ciri-Ciri Bibir Mengalami Alergi Lipstik

Ciri-Ciri Bibir Mengalami Alergi Lipstik

bibir gatal bibir perih bibir kering bibir hitam alergi lipstik lip balm madu jeruk


Lipstik merupakan senjata andalan bagi kaum wanita karena lipstik bisa membuat tampilan lebih segar. Sayangnya, tidak semua lipstik cocok untuk semua bibir wanita. Alergi yang disebabkan oleh lipstik terjadi karena sistem imun tubuh tidak dapat menerima zat pewarna, perasa, atau pewangi yang terdapat pada lipstik.

Kandungan lain yang terdapat pada lipstik juga bisa mempengaruhi alergi terhadap bibir kamu. Lalu seperti apa tanda-tanda jika bibir kamu mengalami alergi terhadap lipstik? Simak penjelasannya dibawah ini:


1. Bibir Terasa Panas dan Gatal


Saat mengoleskan lipstik, baik lip cream, lip matte, atau lipstik lainnya jika area pinggir bibir terasa panas dan gatal sebaiknya jangan gunakan lipstik itu lagi.


Reaksi dari lipstik tersebut memang tidak langsung, melainkan akan terasa setelah beberapa jam saat digunakan. Jika terasa panas dan gatal segera hapus lipstikmu, kamu bisa mengoleskan madu atau gel aloe vera agar bibirmu tidak bengkak.


Baca Juga : Tips Menyamarkan Kerutan

                    9 Varian Sunscreen Biore, Pilih Sesuai Kebutuhanmu

                    Rekomendasi Warna Lipstik Untuk Kulit Sawo Matang


2. Kulit Bibir Menghitam


Bibir berubah menjadi hitam memang butuh waktu beberapa hari baru kelihatan efek dari lipstik tersebut. Ciri dari bibir menjadi hitam yaitu dimulai dari garis bibir yang mulai menghitam setelah beberapa hari pemakaian lipstik. Apalagi jika memiliki bibir tebal yang bisa membuat warna hitam pada bibirmu semakin terlihat jelas. 


Sebaiknya jika ada perubahan pada bibirmu, hentikanlah pemakaiannya agar bibirmu tidak semakin parah. Bibir yang menghitam juga bisa disebabkan oleh kebiasaan kamu menggigit bagian bibir yang gatal akibat alergi.


Untuk mengatasinya gunakan lip balm, jeruk nipis, madu, atau gula pasir. Oleskan bahan tersebut secara perlahan dan rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal.


3. Bibir Pecah-Pecah dan Mengelupas


Ini adalah efek yang paling sering dialami oleh para wanita. Bibir pecah-pecah memang sagat tidak nyaman karena mau pakai lipstik akan memperburuk bibir, mau makan juga susah karena bibir akan terasa perih.


Bagian bibir yang gatal akan mengeras dengan sendirinya. Namun banyak tangan-tangan yang gemas dengan kulit bibir yang mengelupas sehingga mengelupas kulit tersebut. Percayalah, jangan mengelupas kulit bibir yang mengering karena bisa membuat bibirmu terluka dan perih serta akan membuat bibirmu menjadi hitam.


Tips yang bisa kamu lakukan saat bibirmu yaitu perbanyak minum air putih dan gunakan lip balm, jangan membasahi bibirmu yang kering dengan air liurmu karena akan membuat bibirmu semakin kering dan hentikan penggunaan lipstik tersebut.


Akan tetapi, jika alergimu tidak kunjung sembuh dan semakin parah, segera kunjungi dokter untuk mendapatkan penanganan medis, ya!


Itulah tiga ciri-ciri bahwa bibirmu mengalami alergi terhadap lipstik yang kamu gunakan. Saat membeli lipstik selalu perhatikan kandungan dan review dari teman-temanmu, jangan tergoda karena ada diskon besar-besaran atau karena warnanya cantik-cantik.


LihatTutupKomentar