-->

Cek Tanggal Kadaluarsa! Bahaya Makanan Yang Sudah Kadaluarsa

 Bahaya Makanan Yang Sudah Kadaluarsa

sembelit diare muntah-muntah sakit perut makanan kadaluarsa expired makanan kaleng


Sebelum membeli suatu produk terutama makanan seberapa sering kamu melihat tanggal kadaluarsanya? Jika sering melihatnya terlebih dahulu, tentunya aman-aman saja bagi kamu. Lalu kalau jarang atau tidak pernah, gimana? Sebaiknya mulai dari sekarang setiap membeli produk terutama makanan selalu cek dulu tanggal kadaluarsanya.


Karena pasti ada satu atau dua pedagang yang nakal. Cara inilah yang dilakukan, menjual makanan yang sudah kadaluarsa karena tidak mau rugi. Pastikan kamu membeli makanan ditempat yang sekiranya kamu anggap aman.


Makanan kadaluarsa tidak hanya terdapat dalam ragam makanan yang dibungkus plastik atau dalam kemasan kardus saja, tetapi pada jenis makanan kaleng atau siap saji. Makanan yang sudah melewati batas waktu untuk dikonsumsi adalah hal yang sudah tidak layak lagi.


Karena mengonsumsi makanan yang telah kadaluarsa memang tidak bagus untuk kesehatan. Selain itu makanan ini telah terkontaminasi dengan beberapa radikal bebas yang mengandung bibit penyakit seperti jamur dan bakteri. Banyak penyakit yang akan ditimbulkan, mulai penyakit ringan hingga cukup serius.


Tidak ada ciri-ciri khusus pada makanan yang hampir memasuki masa kadaluarsa,ciri-ciri bahwa kondisi makanan yang bersangkutan sudah tidak layak lagi untuk dimakan. Seolah-olah kondisi makanan terlihat baik-baik saja. Tetapi jika dicium, barulah kamu mengetahui bahwa makanan ini memasuki masa kadaluarsa.


Kandungan nutrisi pada makanan kadaluarsa sudah tidak memiliki nutrisi dan nilai gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Adapun ciri-ciri makanan yang sudah tidak layak konsumsi yaitu memiliki perubahan rasa, mengeluarkan bau tidak sedap, ditumbuhi jamur, berlendir dan lengket, mudah hancur, ada ulat/belatung, dan memiliki bentuk serta warna yang berubah dari aslinya.


Baca Juga : Manfaat Teh Hangat

                        Bahaya Garam Jika Dikonsumsi Berlebihan

                        Ciri-Ciri Keputihan Normal dan Abnormal



Tentu saja makanan kadaluarsa tidak baik untuk dikonsumsi dan sangat berbahaya bagi tubuh manusia yang bisa merusak kesehatan secara bertahap (jika dikonsumsi setiap hari). Sehingga makanan kadaluarsa disarankan untuk tidak dikonsumsi dan sebaiknya di hancurkan sebelum di buang. 


Berikut ini adalah bahaya makanan kadaluarsa untuk kesehatan tubuh diantaranya sebagai berikut:


1. Diare


Penyakit diare atau mules pada perut. Terlihatnya bukan penyakit yang membahayakan. Tetapi kalau terjadi terus-menerus akan membuat tubuh kehilangan banyak cairan yang keluar bersama dengan kotoran. Diare bisa menyebabkan tubuh menjadi lemas dan tubuh terasa kurang terhidrasi (kekurangan air) karena terlalu banyak cairan yang keluar.


Sebaiknya segeralah minum obat agar diare segera mampet dan tidak terjadi gangguan lainnya pada tubuh.


Apabila kamu membeli makanan dalam bentuk kemasan dus, kaleng, atau siap saji selalu untuk mengeceknya apakah ada perubahan makanan, timbul bau yang tidak sedap atau rusak lebih baik buang dan jangan mengonsumsinya.


2. Sembelit


Sembelit atau konstipasi meruakan kondisi susah buang air besar karena terdapat kotoran yang menyumbat usus. Sembelit merupakan kebalikan dari diare. 


Dalam kondisi normal seseorang akan buang air besar sehari sekali atau maksimal dua hari sekali. Kalau lebih dari tiga hari berarti penyakit ini sudah kronis.


Untuk mengatasi sembelit sebaiknya perbanyak minum air putih, olahraga dan konsumsi serat lebih banyak agar bisa memperlancar buang air besar. Cara yang paling mudah yaitu makan agar-agar ketika sulit buang air besar. Biasanya dalam beberapa jam atau keesokannya perut jadi lebih enteng dan bisa buang air besar.


3. Bahaya Bagi Perkembangan Janin


Bagi ibu hamil memang banyak pantangan yang harus dilaluinya salah satunya yaitu mengonsumsi makanan yang telah kadaluarsa. Makanan ini akan berpengaruh buruk terhadap perkembangan janin. 


Bayi di dalam kandungan tidak mendapat nutrisi yang baik dari makanan kadaluarsa tersebut. Makanan kadaluarsa yang mengandung jamur dan bakteri akan menyebabkan janin tidak bisa tumbuh dengan baik.


Baca Juga : Inilah Manfaat Daun Kelor Jika Dikonsumsi Secara Rutin

                        Manfaat Jus Seledri Untuk Menurunkan Berat Badan

                        Penyebab Gusi Bengkak dan Cara Mengobatinya



4. Keracunan


Makanan yang sudah kadaluarsa mungkin bisa saja berdampak buruk yang ringan pada anak-anak yang hanya mengonsumsi sekali. Tetapi kalau dikonsumsi setiap hari dan berlebihan maka berbeda lagi dampaknya. 


Reaksi kimia yang ada di dalam makanna bisa menjadi racun yang bisa melukai organ pencernaan dan menyababkan seseorang keracunan. Keracunan ditandai dengan gejala awal yaitu muntah-muntah. Selalu perhatikan makanan yang dikonumsi untuk anak-anak agar tidak terjadi penyakit yang ditimbulkan.


5. Anak-anak Rentan Terkenan Sakit Pada Lambung


Anak-anak memang daya imunnya masih lemah sehingga rentan terserang berbagai penyakit. Maka selalu awasi makanan yang mereka makan.


Makanan kadaluarsa yang dikonsumsu anak-anak sia dini ketika secara tidak sengaja mereka mengkonsumsi makanan kadaluarsa dalam jumlah yang berlebihan sehari.


Seperti yang kita ketahui, lambung anak-anak lebih mudah teriritasi oleh berbagai macam bahan pengawet. Bahan pengawet inilah yang mengalami perubahan reaksi sebagai akibat masuknya makanan kadluarsa. 


Selain lambung yang rusak, anak-anak mudah mengalami sakit perut dan diare. Jangan abaikan hal ini yang bisa menyebabkan kesehatan tubuh.

LihatTutupKomentar