-->

Nostalgia, Nikmatnya Nasi Jagung Ikan Asin

Nostalgia, Nikmatnya Nasi Jagung Dan Ikan Asin

kuliner nusantara nasi jagung sego empog makanan ndeso ikan asin nostalgia
Nostalgia makanan ndeso


Nasi jagung ikan asin - Mengingat makanan masa kecil yang begitu sederhana tapi penuh makna yang membuat kita rindu dengan masa kecil dan kampung halaman.


Makanan ini begitu sederhana hanya nasi putih di campur jagung halus (empog) yang diberi lauk ikan asin goreng, urap, sayur lodeh, tempe dan tahu goreng serta sambal terasi yang pedas. Banyak orang yang menyebutnya sego empog atau nasi empog, ada yang suka dicampur dengan nasi putih atau hanya nasi jagung saja.


Bagi para perantau atau anak kos yang rindu kampung halaman tak jauh juga pasti merindukan kuliner yang ada disana. Memang banyak orang yang jual nasi jagung di kota-kota besar, tapi menurut saya rasanya jauh berbeda dengan nasi jagung yang ada di desa.


Sensasi rasanya tidak bisa mengalahkan nikmatnya makanan mewah yang ada di kota besar, tempat mereka para perantau untuk mencari sesuap nasi dan anak kos yang sedang mencari ilmu. Apalagi nasi jagung yang dibungkus dengan daun jati dan masih hangat-hangat. Serius, iman kalian bakal tergoyah.


Aroma nasi jagung hangat yang kena daun jati sungguh aroma tiada tanding. Makan dua porsi rasanya juga tidak cukup. Di desa harga nasi jagung komplit pakai lauk ikan asin, sayur lodeh, urap, tahu, tempe, dan sambal masih bisa kalian beli dengan harga 5-10 ribu saja. Murah bukan?


Entah kenapa nasi jagung dan ikan asin sangat cocok sekali, rasanya kurang afdol jika gak ada ikan asin disampingnya. Begitu pula urap atau dalam bahasa Jawa disebut krawu, merupakan sayuran berupa daun singkong, daun pepaya, kecipir, kacang panjang, dan sebagainya yang dibalur dengan sambel kelapa yang pedas manis. Rasanya makin nagih.


Sedangkan sayur lodeh dengan isian labu ikut serta disiram ke nasi jagung, tetapi hanya sedikit mungkin biar makannya gak seret kali ya. Tahu, tempe dan sambel terasi makanan saya tiap hari hihihi, selain murah dan mudah di dapat sepertinya ini lauk khas 'ndeso' yang setiap rumah ada. Ajaibnya gak ada bosen-bosennya makan tahu tempe setiap hari, bahkan sejak kecil. Saya heran juga ya, kok gak ada bosennya?


Kabar baik baik kalian para perantau yang sedang mencari sesuap nasi, sekarang sudah banyak lho yang jual nasi jagung dalam kemasan. Untuk cara memasak nasi jagung juga gampang, bisa dimasak menggunakan rice cooker. Atau yang sedikit ribet bisa menggunakan penanak nasi biasa. Tinggal goreng ikan asin, tahu, dan tempe, tak lupa juga sambal terasi yang super pedas siap menemani kalian.


Untuk sayur lodeh dan urapnya, beli saja ya diwarung terdekat hehe. Biar gak terlalu ribet bikinnya. Gimana sudah ngiler belum? atau kalian makin rindu dengan kampung halaman? Sabar saja, semoga kalian bisa pulang kampung dalam waktu dekat dan menikmati nasi jagung ikan asin yang sedaaaapp.

LihatTutupKomentar