-->

Gel Moisturizer Pelembab Ringan Untuk Kulit Berminyak Dan Berjerawat

Gel Moisturizer Pelembab Ringan Untuk Kulit Berminyak Dan Berjerawat

kulit berjerawat kulit berminyak pelembab gel moisturizer moisturizer yang bagus night cream terbaik water based pelembab wajah kulit kering


Moisturizer atau pelembap merupakan produk perawatan kulit yang wajib digunakan setiap hari baik untuk yang punya kulit kering, berminyak, normal, atau sensitif. Selain melembapkan, manfaat moisturizer lainnya adalah untuk mencegah penuaan dini dan munculnya jerawat, serta membantu regenerasi kulit.


Meski memiliki segudang manfaat, masih banyak orang yang khawatir akan penggunaan pelembap, khususnya mereka yang memiliki kulit berminyak dan berjerawat. Pasti kalian yang memiliki wajah berminyak pernah berpikir kalau tidak ada gunanya menggunakan pelembab karena takut wajah kalian menjadi lebih berminyak. Begitulah pendapat yang muncul dibenak para pemilik kulit berminyak. 


Tapi pada kenyataanya, kulit berminyak ternyata perlu menggunakan pelembab agar tetap terjaga hidrasinya tanpa  membuat wajah tampak mengkilap karena produksi minyak dan sebum berlebihan. Asalkan menggunakan pelembab yang cocok  untuk kulit kalian, agar wajahmu tetap ternutrisi dan menjaga kadar minyak normal pada wajamu.


Salah satu cara mengendalikan kelebihan minyak dan sebum ini adalah memakai moisturizer bertekstur ringan seperti lotion dan gel, agar wajah tetap lembap tanpa mengilap. Kenapa harus menggunakan gel moisturizer? Yuk, simak penjelasannya dibawah ini:


Apa itu gel moisturizer?


kulit berjerawat kulit berminyak pelembab gel moisturizer moisturizer yang bagus night cream terbaik water based pelembab wajah kulit kering


Sesuai dengan namanya, gel moisturizer merupakan pelembap bertekstur ringan yang memiliki konsistensi berupa gel. Berbeda dengan produk berjenis krim atau lotion yang memiliki kandungan oil dan emollient, gel moisturizer umumnya bersifat water-based dan oil-free. 


Biasanya gel moisturizer dikemas praktis dalam tube ataupun jar. Pelembap berbentuk gel biasanya digunakan untuk kalian yang memiliki kulit cenderung berminyak. Formula khusus yang dibuat akan lebih mudah meresap ke dalam kulit wajah saat pengaplikasiannya, serta jarang menimbulkan rasa lengket yang biasanya memberi efek lebih oily atau berminyak.


Gel moisturizer ini biasanya cepat meresap ke dalam lapisan kulit wajah tanpa meninggalkan bekas yang terlihat. Otomatis tidak akan terasa lengket, serta dapat memberikan efek kesejukan saat diaplikasikan pada wajah. Meski demikian, pelembap bertekstur gel tetap dapat melembapkan dan menghidrasi kulit secara mendalam.


Baca Juga: 9 Sunscreen Biore, Pilih Sesuai Kebutuhanmu



Kelebihan Gel Moisturizer


1. Teksturnya Ringan


Dibanding krim pelembap, gel moisturizer memiliki tekstur yang lebih ringan dan dapat memberikan rasa segar pada kulit. Jika kalian tidak suka dengan pelembap yang thick dan rich, dapat mencoba jenis gel moisturizer.


2. Mudah Meresap


Karena memiliki bahan dasar air dan bebas minyak, pelembap gel lebih mudah meresap pada kulit. Ketika sudah meresap pun, tidak banyak sisa gel yang tertinggal, sehingga bisa memudahkan pengaplikasian makeup.


3. Tidak meninggalkan kesan berminyak


Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kebanyakan gel moisturizer tidak mengandung minyak, sehingga tidak akan meninggalkan kesan berminyak setelah digunakan. Jadi tidak perlu khawatir dengan kondisi minyak berlebih pada wajah dan bebas kilap.


4. Mampu menghidrasi kulit


Gel moisturizer mengandalkan humektan sebagai agen pelembap kulit. Nah, humektan bekerja dengan cara mengikat air dari udara sekitar dan menempelkannya pada kulit untuk membantu menghidrasi permukaan kulit. Selain itu, humektan juga dapat mengunci kelembapan dan hidrasi kulit.


Baca Juga : Review - Acnes Sealling Jell


Siapa saja yang cocok menggunakan gel moisturizer?

Sebenarnya gel moisturizer cocok untuk semua jenis kulit. Karena memang fungsi dari gel moisturizer ini untuk menghidrasi dan melembabkan kulit. Tetapi bagi yang memiliki kulit berminyak dan berjerawat akan menyukai jenis pelembab ini karena teksturnya ringan dan tidak menyumbat pori-pori.


Pemilik kulit sensitif akan menyukai jenis pelembap ini karena mampu memberikan efek soothing pada kulit. Tak hanya itu, pemilik kulit normal dan kering pun dapat menggunakan gel moisturizer. Namun, umumnya seseorang dengan kulit sangat kering akan membutuhkan ekstra kelembapan, sehingga lebih cocok dengan pelembap berjenis krim.


Apa yang perlu dicari ketika memilih gel moisturizer?

Salah satu kandungan yang perlu ada dalam pelembap adalah hyaluronic acid. Kandungan tersebut dapat membantu menambah sekaligus mengunci hidrasi pada kulit. Selebihnya, tinggal sesuaikan saja kandungan bahan aktif dengan kebutuhan kulit kalian.


Misalnya untuk yang berjerawat, pilih produk dengan kandungan tea tree atau salicylid acid dan pelembab alami aloe vera. Sementara untuk yang sensitif, pilih produk dengan kandungan centella asiatica atau green tea. Untuk meminimalisir risiko iritasi, sebaiknya kalian juga memilih produk yang bebas dari kandungan alkohol, pewangi, pewarna, serta tanaman yang dapar memicu reaksi alergi.


Sumber Referensi : Nisita Widianti

LihatTutupKomentar