-->

Tips Memilih Wajan Untuk Memasak

Tips Memilih Wajan

ukuran wajan, material, teflon, happy call, stainless steel, wok,


Wajan Untuk Memasak - Kalian suka masak atau tidak? Kalau suka pasti sudah biasa dong masak buat diri sendiri atau keluarga, bahkan buat pacar. Sudah biasa juga dengan peralatan yang ada di dapur dan gak perlu bingung lagi cara pakainya seperti apa. 

Terutama wajan dan pisau, dua hal yang penting ada di dapur. Masih banyak juga sih peralatan yang penting di dapur tapi dua item tersebut wajib punya.

Wajan merupakan peralatan wajib di dapur. Fungsi dari wajan yaitu untuk menggoreng, menumis, atau membuat sup, dan masih banyak lagi. Ada banyak jenis, diameter, material, dan bentuk wajan di luar sana. Pasti akan membuat bingung bagaimana memilih wajan yang bagus untuk memasak. 

Oleh karena itu, sebelum membeli wajan ada baiknya jika mengetahui tips-tipsnya agar wajanmu nanti berfungsi dengan baik saat memasak. Yuk, simak 5 tips memilih wajan:

Bahan / Material


material wajan, keramik, wajan anti lengket, wajan besi, wajan alumunium


Wajan untuk memasak yang di jual di luar sana memiliki jenis material yang berbeda-beda. Masing-masing memiliki karateristik sendiri. Maka pilihlah material wajan yang sesuai dengan cara memasak kalian.
 
Material wajan biasanya terdiri dari beberapa jenis misalnya keramik, porselen, besi, alumunium, dan sebagainya. Material tersebut memiliki tingkat panas yang berbeda, maka pilihlah wajan yang sesuai dengan kebutuhan kalian saat memasak. 

Kalau sering menggoreng bahan makanan lebih cocok menggunakan bahan dari besi atau anti lengket. Sedangkan untuk menumis gunakan carbon steel karena memiliki bahan yang baik.
 
Perhatikan juga kelebihan dan kelemahan materialnya juga. Misalnya wajan anti lengket mudah di cuci namun juga mudah tergores. Lalu wajan besi atau tembaga yang lebih awet dibanding wajan anti lengket, tetapi harganya lebih mahal dan sulit di bersihkan.
 
Secara umum dua bahan tersebut lebih banyak ditemukan di pasaran dan dikenal oleh banyak orang. Seperti wajan anti lengket yang dikenal dengan teflon, hampir setiap rumah memiliki wajan anti lengket. Karena tidak memerlukan minyak  yang banyak dan tentunya bahan masakan tidak lengket di wajan.
 
Untuk wajan besi, kita bisa menemuinya di tukang gorengan, penjual nasi goreng, atau chinese food. Alat masak berbentuk mangkuk ini memiliki beberapa keunggulan yaitu menyebar panas secara merata, menggunakan sedikit minyak untuk deep frying, dan memastikan bahwa makanan dapat teraduk dengan baik. 

Ukuran


ukuran wajan, diameter wajan, wajan besi, wajan untuk nasi goreng


Ukuran wajan di pasaran memang memiliki banyak ukuran mulai dari yang kecil hingga besar. Tujuannya agar wajan yang digunakan sesuai dengan kebutuhan masing-masing tiap orang.

Jika kalian di rumah sendirian pastikan gunakan wajan yang sesuai dengan kebutuhan saat memasak. Jangan membeli wajan yang besar karena kalian tidak memerlukannya. Cukup pilih wajan dengan ukuran sekitar 20 cm atau 25 cm. Bisa untuk memasak nasi goreng, telur, menumis dengan porsi yang kecil.

Kalau kalian masak untuk satu keluarga yang terdiri dari 4-5 orang, gunakanlah wajan yang memiliki diameter sekitar 26 cm hingga 28 cm karena nyawan untuk digunakan sehari-hari dengan jumlah masakan yang cukup banyak.

Berbeda lagi dengan orang yang jual gorengan atau penjual nasi goreng, pasti membutuhkan ukuran wajan yang lebih besar agar muat untuk porsi yang banyak pula. Ukuran wajan ini berbeda-beda dari penjual satu dengan yang lainnya. Bahkan ada yang memesan wajan dengan ukuran yang diinginkan agar nyaman saat digunakan.


Bahan Gagang


gagang plastik, gagang kayu, bahan wajan, wajan nasi goreng


Pemilihan bahan gagang ternyata penting juga lho, tujuannya agar lebih memudahkan saat memegang wajan dan tidak kena panas secara langsung. Kenyamanan dalam memegang gagang wajan juga perlu di perhatikan. Terutama saat membuat tumisan, nasi goreng, mie goreng dan sebagainya sering kali kita harus mengaduk sambil mengangkat wajan. Tujuannya untuk menambah aroma smoky dan udara pada masakan.
 
Gagang wajan memiliki bahan-bahan yang berbeda ada yang plastik, kayu dan logam. Setiap bahan tersebut memiliki karakteristik yang berbeda. Kalian bisa memilih sesuai dengan kebutuhan saat memasak. Seperti bahan plastik dan kayu tidak akan terasa panas di tangan kalian sehingga aman saat digunakan.
 
Selain itu, gagang berbahan plastik dan kayu juga banyak yang antiselip dan memiliki desain lekukan. Hal ini tentunya memudahkan pengguna saat menggenggam gagang wajan. Oleh karena itu, pegangan wajan berbahan plastik dan kayu ini juga aman dan mudah digunakan oleh anak-anak ataupun para lansia.
 
Wajan dengan gagang berbahan plastik dan kayu sangat aman digunakan, karena ringan, mudah digenggam, serta yang paling penting adalah tidak mengantarkan panas sehingga lebih aman dan nyaman saat digunakan beraksi.
 
Namun, kekurangannya adalah fungsi pegangan ini akan menurun setelah dipakai dalam jangka waktu lama, misalnya baut menjadi longgar. Dengan demikian, sebaiknya kalian rutin memeriksa kerusakannya.
 
Sedangkan gagang dengan bahan logam lebih tahan lama dan tidak mudah kotor. Keunggulan gagang berbahan logam yaitu bagian gagangnya dirancang menyatu langsung atau terpasang kuat dengan bodi wajan sehingga lebih awet dan kuat. Sambungan antara gagang dengan bodi wajan juga tidak banyak sehingga kotoran tidak mudah menumpuk dan kebersihannya lebih terjaga.
 
Akan tetapi, jika wajan ini dipanaskan dalam waktu lama, gagangnya juga akan menjadi panas. Untuk itu, kalian harus berhati-hati ketika memasak. Gunakan kain lap atau sarung tangan khusus untuk menyentuh pegangan wajan.
Kalian juga harus memperhatikan faktor keamanan dalam menggunakan wajan ini.

Bagian Dasar Wajan


wajan datar, wajan cekung, kompor gas, kompor induksi


Bahan untuk membuat wajan terdiri dari beberapa jenis misalnya keramik, porselen, besi, alumunium, dan sebagainya yang memiliki tingkat panas berbeda-beda. Bukan tanpa alasan, material wajan dibuat sesuai dengan kebutuhan memasak. Untuk menumis, carbon steel merupakan bahan yang baik. Sedangkan besi dan anti lengket cocok untuk melakukan goreng-goreng.

Kalian juga harus memperhatikan kelebihan dan kelemahan materialnya juga. Misalnya pada anti lengket, ia mudah di cuci namun mudah tergores. Lalu wajan besi atau tembaga yang lebih tahan lama, namun harganya lebih mahal dan sulit di bersihkan.

Perlu kalian ketahui, selain memilih material wajan sesuai kebutuhan, sesuaikan juga dengan jenis kompor yang kalian gunakan memasak. Bagian dasar wajan ada yang berbentuk cekung dan datar. Beberapa sumber menyebutkan, permukaan dasar wajan yang cekung membantu perpindahan panas yang lebih baik dibandingkan dengan wajan yang dasarnya datar.

Apabila kalian menggunakan kompor induksi, maka sebaiknya perlu memilih wajan khusus untuk sistem induksi, biasanya adalah material stainless steel. Jangan gunakan wajan berbentuk cekung, karena tidak cocok dengan jenis kompor yang datar seperti ini. 

Begitu pula sebaliknya, jika kalian menggunaakan kompor gas, gunakan wajan yang sesuai dan kompatibel agar wajan tetap awet. 


Baca Juga : Resep Bakso Sukini

Budget


harga wajan, harga teflon, harga wajan besi, wajan keramik, kuali, wajan untuk sup


Sebelum membeli wajan, ingat untuk melakukan budgeting. Hal ini akan mempermudah kalian sebelum membeli wajan sesuai dengan jenis, ukuran, dan bentuk. Pastikan harganya sesuai dengan kemampuan kalian. Jangan membeli wajan yang harganya sangat mahal sedangan pemasukan kalian kecil. Bukan karena apa-apa, tapi masih ada kebutuhan lain yang harus dipenuhi.

Bukan berarti wajan yang murah memiliki kualitas yang murahan juga. Banyak kok wajan murah tapi memiliki kualitas yang tidak jauh beda dengan wajan yang mahal. Intinya jangan terlalu memaksa keadaannya. Atau kalian juga bisa mencari promo di e-commers, lumayan tuh dapat diskonan biar bisa ngirit juga kan tentunya.



Itulah tips yang harus kalian ingat sebelum memutuskan membeli wajan baru. Membeli memang mudah, namun merawat itu sulit. Pastikan dahulu apa dan bagaimana barang yang kalian ingin dapatkan. Nah, selamat berbelanja!
LihatTutupKomentar