-->

Ternyata Banyak Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan



moringa kelor, moringa khasiat, vitam8n c, diabetes herbal, vitamin B6 dan B12 B 6 vitamin vitamin b2 daun moringa daun kelor manfaat daun kelor moringa sp, mineral dan vitamin, vitamin a dan c, vitamin c, vitamin protein



Daun kelor memang sangat populer oleh masayarakat Indonesia. Tanaman yang memiliki daun kecil ini sering diolah menjadi macam menu makanan. Daunnya memang kecil tapi khasiatnya sangat luar  biasa bagi tubuh. Sehingga banyak orang yang menyukainya.

Tumbuhan yang berasal dari India ini sudah banyak ditemui di Afrika, Amerika Selatan, hingga Asia, Termasuk Indonesia. Daun Kelor atau yang biasa disebut dengan moringa memang sudah sering digunakan untuk ramuan tradisional. Secara ilmiah daun kelor juga menyimpan banyak manfaat bagi tubuh. Daun kelor merupakan sumber protein, vitamin, dan minerl cukup tinggi. Kandungan vitamin di dalam daun keloryaitu Vitamin A, Vitamin B1 (tiamin), Vitamin B2 (riboflavin), Vitamin B3 (Niacin), Vitamin B6, serta Vitamin C.

Kandungan daun kelor seperti kalsium, kalium, zat besi, magnesium, fosfor, seng, serta rendah kalori sangat diperlukan bagi tubuh. Semua senyawa tersebut sangat diperlukan bagi kesehatan tubuh.

Maka tak heran apabila masyarakat Indonesia menggunakan daun kelor sebagai pengobatan tradisional. Manfaat daun kelor untuk kesehatan ternyata memang sudah terbukti. Beberapa penelitian menyebutkan daun yang satu ini bisa memberikan berbagai manfaat kesehatan.

Berikut adalah manfaat daun kelor bagi kesehatan tubuh:


1. Mencegah Radikal Bebas


Manfaat daun kelor yang pertama yaitu dapat mencegah radikal bebas. Radikal bebas dalam tubuh apabila tidak diimbangi dengan antioksidan, maka dapat menimbulkan berbagai penyakit kronis dalamtubuh, seperti hipertensi hingga penyakit jantung.

Dilansir dari laman Healthline, daun kelor memiliki kandungan senyawawa yang berfungsi sebagai antioksidan sehingga dapat membantu menangkal radikal bebas dalam tubuh. Sehingga mengonsumsi daun kelor secara rutin dapt mencegah radikal bebas.

2. Mengatasi Diabetes

 
Diabetes merupakan penyakit yang disebabkan tingginya kadar gula darah. Apabila diabetes tidak segera diatasi maka dapat membahayakan kesehatan. Pasalnya kelebihan gula darah dapat menimbulkan masalah kronis, seperti jantung dan stoke. Kandungan senyawa isothiocyanate pada tanaman ini berfungsi untuk menurunkan kadar gula darah.

3. Mencegah Obesitas


Obesitas atau kelebihan berat badan menjadi penyakit yang banyak dialami seseorang. Banyak cara yang dilakukan untuk mengurangi berat badan salah satunya diet ketat. Tetapi ada cara lain yaitu dengan mengkonsumsi daun kelor. Daun kelor memiliki kandungan senyawa berupa isothiocyanate yang bisa membantu menurunkan berat badan.


4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh


Manfaat daun kelor ternyata juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh seseorang yang memiliki sistem kekebalan tubuh rendah akan lebih mudah terserang penyakit. Sedangkan orang yang memiliki kekebalan tubuh yang kuat akan terhindar dari berbagai macam penyakit. Salah satu cara meningkatkan imunitas dengan mengkonsumsi daun kelor.

Kandungan nutrisi asam amino pada daun kelor berperan penting untuk menjaga sistem pencernaan tubuh dan juga berfungsi untuk memperbaiki proses pertumbuhan dalam tubuh.

5. Menurunkan Risiko Kanker


Kanker merupakan penyakit yang maping mematkan di dunia. Oleh karena itu harus melakukan pencegahan sejak dini. Kandungan protein dan Vitamin C, hingga zat besi yang ada di dalam daun kelor berperan penting untuk menjaga daya tahan tubuh dan melindungi dari kerusakan tulang. Maka mengkonsumsi daun kelor adalah salah satu alternatif yang bisa digunakan.

6. Mencegah Penyakit Jantung


Penyakit jantung telah menyebabkan angka kematian tinggi di dunia. Sudah seharusnya melakukan upaya pencegahan sejak dini. Kandungan zat besi, kalsium, serta efek atioksidan pada daun kelor secara efektif bisa membantu mencegah penyakit jantung. Manfaat daun kelor ini dapat diperoleh dengan mengkonsumsi jenis daun secara rutin.

Selain itu ekstrak daun kelor, disebut berpotensi mengatasi displidemia, salah satu jenis penyakit jantung akibat naiknya kadar kolestrol serta trigliserida di tubuh.


LihatTutupKomentar