-->

Manfaat dan Nutrisi Pisang Kepok Rebus Untuk Kesehatan

Manfaat dan Nutrisi Pisang Kepok Rebus Untuk Kesehatan


pisang kepok rebus, obat sembelit, diabetes, pisang kepok, osteoporosis


Manfaat dan Nutrisi Pisang Kepok Rebus - Pisang memang sangat mudah ditemui di Indonesia, mulai dari dataran tinggi hingga dataran rendah. Sebagai negara beriklim tropis, pohon pisang bisa tumbuh subur di Indonesia. Jenisnya pun ada banyak tetapi yang sangat familiar di masyarakat yaitu pisang ambon, pisang mas, pisang kepok, dan lain sebagainya. Pisang memiliki rasa manis ketika sudah matang, tetapi ada juga yang rasanya sedikit masam sesuai dengan jenis pisang yang dikonsumsi. 

Banyak orang yang membudidayakan jenis pisang karena memiliki nilai ekonomi, rasanya yang enak, mudah di budidayakan, serta mudah dikreasikan untuk berbagai macam makanan. Kreasi olahan pisang yang sering di dengar yaitu pisang goreng, kolak pisang, nagasari, pisang rebus, keripik pisang, dan masih banyak lagi.

Salah satu pisang yang banyak di kreasikan yaitu pisang kepok. Pisang kepok memiliki bentuk yang cukup besar dan gempal, sehingga cocok untuk diolah kembali. Bukan untuk pisang yang siap dimakan langsung. Jenis dari pisang kepok ini ada 2 yaitu pisang kepok yang berwarna kuning dang berwarn putih. 

Warna tersebut bisa dilihat dari daging buahnya. Nutrisi pada pisang kepok ini baik untuk kesehatan. Perbedaanya hanya terletak pada rasa yang manis untuk pisang kepok kuning dan rasa yang sedikit asam untuk pisang kepok putih.

Bagi sebagian orang yang suka pisang kepok rebus, pasti ingin manfaat dan kandungan pisang kepok rebus untuk kesehatan. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

Kandungan Nutrisi Pisang Kepok:


Nutrisi yang ada pada pisang kepok seperti halnya buah pisang pada umumnya yaitu karbohidrat, protein, serat, vitamin (vitamin B6, vitamin C, dan vitamin A) serta mineral (kalium). Pada 100 gram buah pisang biasanya terkandung sekitar 136 kalori.

Kandungan lain yang ada pasa pisang kepok yaitu antasida. Antasida merupakan obat yang bisa digunakan untuk menormalkan atau mengikat asam lambung. Bagi para penderita gangguan pencernaan akibat asam lambung cocok makan pisang kepok untuk mengobatinya karena mengandung antasida

Manfaat Pisang Kepok Rebus:


Pada dasarnya pisang kepok memiliki manfaat yang bagus bagi tubuh khususnya bagi sistem pencernaan. Manfaat pisang kepok yang perlu kalian ketahui yaitu:

1. Melancarkan Pencernaan


Kandungan serat yang terdapat pada pisang kepok sangat efektif untyk membantu aktifitas dan kerja sistem pencernaan. Kandungan karbohidratnya juga cukup bagus untuk membantu mempertahankan gerak usus yang teratur dan menormalkan pembuangan fases.

2. Mencegah Sembelit


Zat pektin yang terdapat pada pisang kepok bermanfaat bagi sistem pencernaan karena sifatnya yang dapat melunakkan serta menyerap air dengan baik.

3. Mengatasi Maag


Seperti yang dijelaskan diatas, pisang kepok mengandung antasida alami yang baik untuk mengatasi masalah akibay asam lambunh, termasuk penyakit maag.

4. Kaya Akan Kalium


Kalium sangat penting bagi tubuh manusia yaitu untuk mmbentuk pembentukan sel, pembentukan jaringan, dan pembentukan organ tubuh. Kalium disebut juga dengan postasium. Kalium bisa ditemukan pada pisang kepok ini.

5. Baik Untuk Ginjal


Senyawa kalium juga sangat membantu kesehatan ginjal dan mencegah batu ginjal. Selain itu pisang kepok memiliki senyawa fenolik antioksidan yang dapat membantu menjaga fungsi ginjal.

6. Menguatkan Tulang


Tulang membutuhkan kalsium agar tetap sehat dan kuat menopang tubuh. Pisanh kepok dapat membantu menguatkan tulang bukan karena kalsium tapi karena memiliki kandungan prebiotik yang dinamakan fructooligosaccharide. Prebiotik ini yang membantu tulang untuk menyerap kalsium dengan baik.

7. Meningkatkan Energi


Pisang kepok memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi, sehingga bisa sebagai alternatif sumber energi untuk menjalakna aktifitas sehari-hari.

8. Mengontrol Gula Darah


Kandungan gula pada pisang kepok sangatlah rendah sehingga baik untuk penderita diabetes. Selain itu pisang kepok memiliki karbohidrat yang cukup banyak yang bisa membuat perut kenyang sehingga bisa mengurangi konsumsi karbohidrat lain seperti nasi yang memiliki kandungan gula tinggi.

Manfaat pisang kepok yang di rebus tidak jauh beda dengan pisang kepok yang tidak direbus, karena kandungan nutrisi pada pisang kepok yang direbus tidak menghilang pada saat direbus. Perbedaanya terletak pada rasa juga tekstur. 

Pisang kepok yang direbus memiliki rasa yang lebih manis dan juga lembut. Meskupun manis tidak akan menaikkan gula darah dan bisa juga digunakan untuk mereka yang sedang menjalani pola diet sehat. Karena kandungan lemak pada pisang juga rendah.
LihatTutupKomentar